Destinasi Wisata di Indramayu


            Destinasi Wisata di Indramayu - Kabupaten Indramayu adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, yang secara geografi terletak pada posisi 107° 52´ - 108° 36´ BT dan 6° 15´ - 6° 40´ LS. Ibu kotanya adalah Indramayu yang merupakan pusat pemerintahan, sedangkan titik keramaian justru berada di kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis, hal ini dikarenakan di Jatibarang terdapat pusat pasar dan memiliki akses yang mudah seperti Jalur Pantura dan Stasiun Kereta Api, hal yang sama juga terjadi untuk Kecamatan Haurgeulis meski tak dilewati secara langsung oleh Jalur Pantura, namun Kecamatan ini dilalui oleh Jalur Kereta Api. Kabupaten Indramayu ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Cirebon di timur, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di selatan, serta Kabupaten Subang di barat.  

         Kabupaten Indramayu yang memiliki luas wilayah 204.011 Ha, dengan panjang pantai 114 km yang membentang sepanjang pantai utara antara Cirebon-Subang dimana sepanjang 12 mil dari pantai marupakan kewenangan Kabupaten ini memiliki motto REMAJA (Religius, Maju, Mandiri, dan Sejahtera) yang terdiri atas 33 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah 315 desa dan kelurahan. Pusat pemerintahannya sendiri berada di Kecamatan Indramayu. Hari jadi Kabupaten Indramayu ditetapkan pada tanggal 7 Oktober 1527. Jadi sampai tulisan ini dibuat, Kabupaten Indramayu sedang menuju ke-490 tahun.

          Indramayu dilintasi jalur Pantura, yakni jalur utama dan terpadat di Pulau Jawa, terutama pada musim mudik lebaran. Kaupaten ini juga dilintasi oleh jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa, dengan salah satu stasiun terbesarnya adalah Stasiun Jatibarang yang berada di desa Jatibarang, sekitar 19 km ke selatan dari pusat Kota Indramayu. Jadi yang mau ke Indramayu bisa lewat kereta api, mobil, motor, maupun perahu.

Walaupun Indramayu berada di Jawa Barat yang notabene adalah tanah Pasundan yang berudaya dan berbahasa Sunda, namun sebagian besar penduduk Indramayu mempergunakan Bahasa Cirebon dialek Indramayu, masyarakat setempat menyebutnya dengan Basa Dermayon, yakni dialek Bahasa Cirebon yang hampir serupa dengan Bahasa Cirebon yang dipergunakan di wilayah pusat Keraton Cirebon di Kota Cirebon, dalam Bahasa Cirebon dialek Indramayu tata bahasanya terbagi menjadi dua yakni Basa Besiken (dipergunakan untuk berbicara dalam tatanan resmi dan menghormati lawan bicara) dan Basa Ngoko (dipergunakan sehari-hari dalam pergaulan). Di bagian selatan dan barat Kabupaten ini, beberapa wilayah menggunakan Bahasa Sunda, mengingat sejarah Kabupaten Indramayu yang dulu pernah masuk ke dalam wilayah Kerajaan Galuh dan Sumedang Larang di wilayah selatan, sehingga mempengaruhi masyarakatnya berbahasa Sunda khas Indramayu yang disebut Sunda Parean.
 
Nah, beberapa tahun terakhir Indramayu terus membangun diri dalam rangka meningkatkan pariwisata daerah. Bagi Anda yang belum pernah ke Indramayu dan ingin merasakan indah dan tenteramnya suasana Indramayu, Anda bisa berkunjung ke beberapa tempat yang sayang untuk dilewatkan. Langsung saja.

1.     Alun-alun Pendopo Indramayu
Terletak di Jalan Letnan Jenderal S. Parman, di sini merupakan tempat pemerintahan Bupati Indramayu. Selain digunakan sebagai apel Pemda, fungsi alun-alun juga sebagai tempat berkumpulnya orang-orang baik laki-laki, perempuan, tua, muda karena di sini ada Masjid Agung Indramayu dan lapangan terbuka untuk umum. Tak jarang event-event untuk umum selalu diadakan di tempat ini.



2.     Taman Kali Tjimanoek
Lokasi taman ini terdapat di Jalan Veteran Indramayu atau tepat di belakang Masjid Agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu. Selain itu, taman yang menjadi ikon baru kota Indramayu ini dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai. Sayangnya sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan untuk mengitari Sungai Cimanuk tersebut. Tapi wisatawan tetap bisa menikmati berbagai kenyamanan dan keindahan tatanan taman ini. Di lokasi Taman Kali Tjimanoek sendiri Anda bisa menikmati berbagai kuliner menarik yang disuguhkan para pedagang yang akan memanjakan lidah Anda.






 
3.     Randu Gede, Margadadi
Sebuah lokasi di sebelah barat Alun-alun Pendopo Indramayu yang berada di Kelurahan Margadadi, Kecamatan Indramayu. Lokasi Randu Gede sendiri sering dijadikan tempat berfoto karena pohon Randu yang tumbuh tinggi besar menjulang ke atas. Terletak kurang lebih 300 meter di sebelah barat Alun-alun pendopo Indramayu, Randu Gede bisa dilalui dengan jalan kaki, motor, atau mobil.


4.     Waterboom Bojongsari Indramayu (BSI)
Obyek wisata Waterboom Bojongsari Indramayu yang berlokasi di Jalan Cimanuk Barat ini merupakan destinasi wisata bagi masyarakat di wilayah tersebut maupun dari wilayah luar Indramayu. Waterboom Bojongsari terletak di kawasan Situ Bojongsari yang mempunyai luas 6,5 ha. Waterboom Bojongsari memilih konsep water base them park, yaitu basis arena rekreasi tapi juga diikuti dengan taman alami bernuansa alam. Wahana hiburan yang ada di waterboom Bojongsari ini seperti kolam mandi, waterboom, Bungee Tampoline, Ember Tumpah, Kolam Arus, ATV Racing, serta karaoke Keluarga.


5.     Sport Center (SC)
Berlokasi di Desa Karanganyar, Kecamatan Indramayu, area Sport Center yang berada  di sebelah timur sekitar 2 km dari Alun-alun Indramayu ini memang sudah cukup lama dibangun sebagai sarana berbagai kegiatan olahraga bagi warga sekitar, mulai dari stadion sepak bola, kolam renang, volly pasir, basket, atletik, hingga lintasan sirkuit balap road race, drag bike, slalom mobil, dan juga lainnya.




6.     Tugu Perjuangan
Tugu Perjuangan berada di area Simpang Lima Bundaran Mangga, sekitar 3,5 km ke arah selatan dari Alun-alun Indramayu. Sebuah tugu dengan taman di antara ramainya lalu lintas menjadi daya tarik tersendiri. Cocok untuk berfoto-foto dan berslefie ria, atau hanya sekedar menikmati suasana sore.



7.     Hutan Kayu Putih Indramayu
Hutan Kayu Putih berada di Kelurahan Lemahmekar, Kecamatan Indramayu, kini menjadi hutan kota atau ruang terbuka hijau yang sekaligus menjadi tempat wisata alam, rekreasi, olahraga, penelitian, pendidikan, pelestarian plasma, dan budidaya hasil hutan bukan kayu.


8.     Hutan Mangrove Pantai Lestari Karangsong
Pantai karangsong berada di Kecamatan Indramayu. Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, Anda juga bisa melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan hasil tangkapan. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai ini. Anda juga bisa membeli ikan yang masih fresh dan baru ditangkap ini di tempat pelelangan ikan yang ada di dekat sini. 

Hal yang cukup langka ditemukan dipantai-pantai lain, di sini Anda juga bisa melihat aktivitas para pekerja dan perajin yang sedang membuat perahu atau kapal di sepanjang jalan menuju Pantai Karangsong.

Di kawasan ini juga ada hutan mangrove yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Untuk menuju hutan mangrove ini, pengunjung harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan. Di sini Anda bisa menyusuri hutan mangrove dan melihat berbagai jenis mangrove di lahan seluas lebih 25 hektar. Selain itu, di sini Anda juga bisa memancing.











 9.     Pulau Biawak
Saat mengunjungi pulau ini, Anda akan disambut dengan menara mercusuar kuno yang dibangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut Anda kunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri. 

Pulau ini juga dikelilingi pantai berpasir putih dengan ditanami tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya. Seperti namanya, di sini Anda juga akan disambut oleh koloni biawak yang tersebar.

Anda bisa melakukan banyak hal di sini seperti memancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat dijangkau dengan perahu nelayan.







10.  Pantai Balongan Indah
Pantai Balongan Indah berada di Kecamatan Balongan, sekitar 8,5 km ke arah timur dari Alun-alun Indramayu. Pantai ini tergolong tempat wisata baru di Indramayu. Pantai ini memang belum seterkenal pantai-pantai lain, tapi pantai ini sudah cukup bisa mempesona kamu ketika mengunjunginya, dengan beberapa pembaruan di sekitarnya.

Di sini Anda bisa menikmati sunrise dan sunset dengan seksama karena bibir pantai yang cukup panjang dan luas. Selain itu, di sini biasanya juga ada perahu-perahu nelayan yang bersandar yang menambah kecantikan pemandangan pantai ini. 






11.  Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya berada di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Tempat wisata ini masih menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk menarik banyak wisatawan untuk bisa berkunjung ke Kabupaten Indramayu.

Sekarang pantai ini kabarnya juga sudah menjadi pintu masuk menuju pulau biawak. Tentu saja pantai ini sedang digarap secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk dijadikan destinasi wisata yang lebih menarik. Di sini Anda bisa bermain air di pantai atau hanya sekedar menikmati suasana pantai.









12.  Pantai Glayem
Pantai Glayem berada di Kecamatan Juntinyuat, sangat mempesona dengan ombak yang relatif lebih kecil sehingga Anda bisa bermain air dengan nyaman. Saat ini pantai ini juga tengah dibangun pemecah dan penahan ombak.

Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil menaiki perahu bermotor yang siap membawa Anda berkeliling. Selain itu, di tepi pantai juga banyak penjual jasa penyewaan ban untuk berenang dan kereta wisata untuk mengitari pantai. Di sini Anda juga akan dimanjakan dengan wisata kuliner dengan menu khas olahan laut ala Glayem.
13.  Pantai Dadap
Pantai ini berada di kecamatan Juntinyuat, sekitar 15 km ke arah timur dari Alun-alun Indramayu. Lokasi ini sendiri sangat cocok untuk tempat memancing dengan kesejukan angin lautnya yang membuat suasana terasa nyaman. Dari tempat ini juga Anda bisa menyaksikan sunrise dan sunset, serta bisa menikmati makanan ikan bakar khas Dadap.




14.  Situs Buyut Banjar
Situs Buyut Banjar berada di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang, 15 km ke arah selatan dari Alun-alun Indramayu. Di sini merupakan petilasan Pangeran Surya Nagara. Di sini Anda bisa melakukan ziarah sekaligus membuktikan legenda monyet Banjar. Di sini ada sebuah legenda yang yang sangat populer di kalangan masyarakat sekitar mengenai monyet banjar yang berjumlah tidak pernah kurang atau lebih, hanya 41 ekor.

Makam ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar dan ramai dikunjungi pada waktu-waktu tertentu seperti malam Jumat kliwon, Hari Raya Idul Fitri, dan Idul Adha.


15.  Waterboom 3 Bintang Firdaus
Waterboom 3 Bintang Firdaus berada di Jl. Sumurwatu Desa Jatimulya Kecamatan Terisi, sekitar 28 km ke arah selatan dari Alun-alun Indramayu. Destinasi yang cocok ketika Anda ingin berenang dengan suasana yang luar biasa.  kini jadi pilihan yang menarik untuk berenang dan bermain wahana air bersama teman, pacar, ataupun keluarga.



16.  Waduk Situ Bolang
Waduk Situ Bolang berada di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung, sekitar 30 km ke arah selatan dari alun-alun Indramayu. Waduk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati ketenangan dan sejuknya alam perdesaan. 


17.  Waduk Cipancuh
Waduk Cipancuh berada di Kecamatan Haurgeulis, sekitar 46 km ke arah selatan dari alun-alun Indramayu. Waduk ini sekarang jadi salah satu destinasi karena setiap menjelang sore banyak masyarakat, remaja, anak anak, keluarga sampai dengan aparatur pemerintah mengujungi tempat tersebut untuk selfie, memancing, menjala dan nongkrong bareng di tepi tanggul waduk Cipancuh ini.


18.  Ma’had Al Zaytun
Ma’had Al Zaytun adalah sebuah Pesantren Modern terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 ha, terletak di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, sekitar 50 km ke arah selatan dari alun-alun Indramayuu. Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya merupakan tonggak sejarah yang mengimplementasikan suatu kenyataan pembangunan berwawasan lingkungan, terlepas dari segala kontroversinya.



19.  Pantai Solikin
Pantai Solikin berada di Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, sekitar 39 km ke arah barat dari alun-alun Indramayu. Pantai ini masih sangat asri karena untuk akses menuju ke pantai ini hanya bisa dilalui melalui kendaraan roda dua dari jalur Pantai Utara (Pantura). Meski begitu, pantai ini sangat cocok untuk berfoto-foto terutama saat sunrise dan sunset.



20.  Pantai Lemah Abang Eretan
Pantai Lemah Abang berada di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, sekitar 41 km ke arah barat dari alun-alun Indramayu. Pantai ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan, karena lokasinya sangat dekat dari jalur Pantura. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu penahan ombak. Keunikan dan daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah tanahnya yang berwarna kemerahan. Saat matahari sedang terik, tanah merah di pantai ini akan terlihat sangat jelas.

Pantai Eretan mempunyai sejarah tersendiri karena pantai  ini pada tahun 1942 merupakan tempat mendaratnya tentara Jepang di Indonesia. Selain itu sekarang sebagai objek wisata pantai yang mempunyai banyak jajanan kuliner makanan, seperti ikan bakar yang enak dan disajikan dengan kelapa hijau.




21.  PLTU Indramayu
PLTU Indramayu berada di Desa Sumuradem Kecamatan Sukra, sekitar 55 km kearah barat dari  alun-alun Indramayu. Berada di pinggir jalur Pantura, PLTU Indramayu bisa diakses dengan mudah. Di tempat ini, anda bisa foto-foto sambil menikmati semilir angin laut dan hilir mudik kapal pengangkut batu bara.



Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Indramayu. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Dari berbagai sumber. Foto-foto dari akun instagram @aboutindramayu

Baca juga: Pantai Panjiwa Sumber Mas Kandanghaur Indramayu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Destinasi Wisata di Indramayu"

Posting Komentar