Apa itu HIV/AIDS?




Apa itu HIV/AIDS? - Assalamu’alaikum, selamat pagi menjelang siang. Selamat datang kembali di blog MJ Brigaseli ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memposting mengenai HIV/AIDS. Apa itu HIV/AIDS?

AIDS merupakan singkatan dari Accuirred Immune Deficiency Sindrome adalah suatu sindrom serbuan penyakit-penyakit terhadap tubuh akibat menurunnya sistem kekebalan. AIDS disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus). 

AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat terinfeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). 

Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus ini, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

HIV dan virus-virus sejenisnya umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam (membran mukosa) atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim (vaginal, anal, ataupun oral), transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa penyakit HIV dan AIDS termasuk penyakit yang menyebabkan angka kematian yang sangat tinggi dan sampai saat ini belum ada obat untuk dapat menyembuhkannya. Hanya tindakan pencegahan yang dapat dilaksanakan antara lain yaitu dengan cara sebagai berikut.
      1.      Hindari seks bebas, apalagi bila belum berkeluarga atau jauh dari keluarga.
      2.      Bersikap setia pada satu pasangan.
      3.      Gunakan kondom, bila terpaksa melakukan hubungan seksual.
      4.      Jangan sekali-kali memakai drugs/narkoba, apalagi dengan cara menyuntik.
      5.      Tingkatkan keimanan dan ketakwaan dengan menjalankan kewajiban agamanya masing-masing.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu HIV/AIDS dan cara pencegahannya yang dikutip dari berbagai sumber. Semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit yang mematikan ini. Aamiin. Wassalamu’alaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu HIV/AIDS?"

Posting Komentar